Thursday, November 5, 2009

Ternak Tokek : Hewan Kecil yang Bernilai Jual Tinggi


indosiar.com, Probolinggo - Meski dianggap menjijikkan bagi sebagian orang, namun ternyata tokek bisa mendatangkan rezeki. Khasiatnya yang konon mampu mengobati berbagai macam penyakit, membuat reptil satu ini laku keras di luar negeri, hingga harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah per ekor. Tingginya potensi bisnis reptil ini, membuat warga sekampung di Probolinggo, Jawa Timur, beralih profesi menjadi penangkar tokek.

Tempat penangkaran tokek yang bisa menampung ribuan ekor tokek seperti ini, mudah sekali ditemukan di sebuah kampung, tepatnya di Desa Tegal Siwalan, Kabupaten Probolinggo. Meski terlihat menjijikkan, bagi warga setempat, tokek justru sudah menjadi bagian hidup lantaran bisa mencukupi kebutuhan mereka dan keluarganya.

Karena khasiatnya yang konon bisa dijadikan sebagai bahan obat-obatan, membuat reptil ini laris manis terutama di pasaran luar negeri. Bahkan, dalam kondisi sehat dengan bobot sekitar 400 gram, seekor tokek hidup bisa dibeli para penangkar ini dengan harga cukup fantastis, 1 hingga 2 juta rupiah.

Meski demikian, menangkarkan tokek bukanlah hal mudah lantaran reptil satu ini mudah sekali stress dan terserang penyakit lalu mati.

Karena resikonya, para penangkar biasanya hanya mampu merawat tokek selama beberapa minggu, untuk kemudian langsung diekspor ke sejumlah negara, seperti China dan Hongkong.

Tokek-tokek ini biasanya diekspor setelah melalui proses peng-ovenan agar khasiatnya terjaga. Di kampung ini setidaknya terdapat 20 penangkar tokek. Mereka biasanya membeli reptil ini dari para pemburu tokek di sejumlah kota di Jawa Timur. Seperti Jember, Lumajang, dan Situbondo.

Selain diekspor, banyak juga warga domestik yang langsung datang untuk membeli beberapa ekor sebagai obat untuk gatal-gatal dan asma.

1 comment:

  1. saya jual capsul sari tokek harga 570 ribu call/sms hendro 085-225-602-856 dan jual anak iguana 1 juta ( u/ kawasan semarang )

    ReplyDelete